Menjaga Keutuhan Bangsa Adalah Tanggungjawab Bersama

Spread the love

 

 

FOTO: ISTIMEWA

SOSIALISASI-Trifena M Tinal, Anggota MPR-RI Fraksi Golkar melaksanakan sosialisasi 4 Pilar kebangsaan di Mimika, Rabu (14/9/2022).

 

Menjaga Keutuhan Bangsa Adalah Tanggungjawab Bersama

 

TIMIKA,TimeX

Guna menumbuhkan rasa kesatuan dan persatuan bangsa dan negara Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa dari Sabang sampai Merauke, dengan beragam bahasa dan adat-istiadat kebudayaan yang berbeda-beda, maka butuh penguatan melalui wawasan tentang pilar kebangsaan.

Untuk itu, Anggota MPR-RI, dari Fraksi Golkar Dapil Papua, Trifena M Tinal, kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan  yakni Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, Undang–undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta ketetapan MPR, Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Bentuk Negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan Rabu (14/9/2022), dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dari sejumlah wilayah di Mimika.

Trifena mengatakan, kemajemukan itu diikat dalam konsep wawasan nusantara yang merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya, yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Berbagai masalah yang berkaitan dengan kesadaran berbangsa dan bernegara sebaiknya mendapat perhatian dan tanggung jawab kita semua. Sehingga amanat pada UUD 1945 untuk menjaga dan memelihara Negara Kesatuan wilayah Republik Indonesia serta kesejahteraan rakyat dapat diwujudkan.

Katanya, empat pilar adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat dan menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat.

Dalam kegiatan itu, para peserta memberikan respon dengan mengajukan berbagai pertanyaan terkait dengan implementasi pilar kebangsaan dalam kehiduoan sehari-hari di Mimika. (tim)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *