Sosialisasi 4 Pilar Penguat Kesadaran Berbangsa

Spread the love

FOTO: ISTIMEWA

SOSIALISASI-Suasana sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan oleh Trifena M Tinal, di Kelurahan Inauga, Rabu 3 Agustus 2022.

 

Sosialisasi 4 Pilar Penguat Kesadaran Berbangsa

 

TIMIKA,TimeX

Sebagai salah satu upaya penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara di tengah masyarakat, Anggota Komisi VI DPR-RI, Dapil Papua, Trifena M Tinal, melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan pada 3 Agustus 2022, di Timika.

Empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Sosialisasi ini diikuti puluhan warga di Distrik Mimika Baru, dari berbagai kalangan. Dan direspon positif oleh masyarakat.

Trifena yang merupakan Anggota Fraksi Golongan Karya (Golkar) mengatakan, kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan merupakan kegiatan yang sangat penting bagi penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara khususnya terhadap masyarakat.

Pentingnya pilar kebangsaan ini yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai Konstitusi Negara serta Ketetapan MPR, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) sebagai bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan Negara.

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan dan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Ini dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat.

Ia berharap sosialisasi ini menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya seluruh penyelenggara pemerintah dan diharapkan agar masyarakat memahami serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman bangsa, dengan banyak suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan budaya, tetapi tetap satu yakni bangsa Indonesia.(*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *