Spread the love

Foto : Dok/TimeX

KANTOR – Kantor Pengadilan Negeri Kota Timika Kelas II di Jalan Yos Sudarso

PN Mimika Kembali Gelar Sidang Tatap Muka

TIMIKA, TimeX

Khusnul Fauzi, Humas Pengadilan Negeri (PN) Mimika mengatakan pihaknya mulai menyidangkan perkara pidana secara offline, sehingga terdakwa sudah hadir langsung di persidangan.

“Jadi, hari ini Pengadilan Negeri Timika sementara uji coba dulu. Apabila memungkinkan kedepannya akan dicoba sidang offline secara berkelanjutan,”kata Khusnul kepada Timika eXpress, Kamis (23/6).

Menurutnya, sidang online khususnya di Timika selalu terkendala jaringan. Apalagi ketika hujan di Lapas atau listrik padam.

Sementara itu Sutrisno Margi Utomo, Kepala Kejaksaan Negeri Mimika mengatakan, berlangsungnya sidang perkara tindak pidana umum secara offline di PN Mimika sebanyak 14 perkara dengan 14 terdakwa.

Sidang offline ini dapat terlaksana karena ada surat dari Wakil Ketua Pengadilan Negeri Mimika Nomor: W30.U10/619/HK.01/6/2022 tanggal 22 Juni 2022 yang ditujukan kepada Kepala Rumah Tanahan Negara Mimika, agar diberikan izin terdakwa menghadiri sidang, dengan alasan sidang offline lebih efektif untuk kelancaran persidangan dimana kendala yang dihadapi apabila sidang online terkait jaringan yang tidak stabil.

“Pelaksanaan sidang hari ini (Kamis,red) berjalan dengan lancar dan terlihat berbeda dari biasanya,  sebab ruang sidang lebih ramai karena pengunjung sidang dan tahanan hadir di pengadilan, juga adanya pengawalan dan pengamanan dari Brimob Batalyon B Pelopor Mimika,” katanya. (a33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *