PCI Pertama Papua di Timika Dilantik

Spread the love

PELANTIKAN-Marjan Tusang SH MH  ketua  PCI Mimika bersama (dua dari kiri) Moch El Bahar Conoras, SE Ketua Pengprov PCI Papua, menunjukan SK pelantikan disaksikan oleh Hendritte W Tandiyono,  Asisten III Setda Mimika (ujung kanan) dan Cessar Avianto Tunya, Sekretaris Umum KONI Mimika (paling kiri). (FOTO: Indri/TIMEX)

TIMIKA,TimeX

Sebanyak 24 pengurus Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Mimika dilantik untuk masa kepengurusan 2022-2026.

Proses pelantikan yang dilangsungkan di Lt.2 Hall Room Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (23/6), merupakan pengurus PCI pertama di Papua yang dilantik.

Prosesi pelantikan dipimpin oleh Ketua Umum Pengprov PCI Papua, Moch. El Bahar Conoras  berdasarkan Surat Keputusan (SK) Ketua Umum Pengprov PCI Papua Nomor: 02/SK-PCI-Papua/VI/2022.

Selain itu, prosesi pelantikan Marjan Tusang, SH., MH selaku Ketua  PCI Mimika beserta pengurus juga ditandai penyerahan pataka PCI dan diikuti penandatanganan SK pelantikan serta penyematan pin PCI.

Moch. El Bahar Conoras dalam sambutanya mengatakan, pelantikan pengurus PCI ini merupakan yang pertama di Papua.

“ PCI Mimika yang pertama kami lantik di Papua, dan saya lihat di Timika ada semangat yang luar biasa, saya yakin olahraga cricket di Timika bisa berkembang seperti di Bali,” ujar El Bahar.

Menurut El Bahar, setelah melantik pengurus PCI Mimika, proses yang sama juga akan dilaksanakan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi dan pelantikan pengurus PCI Kabupaten Keerom.

“Harapan kita ke depan Mimika juga bisa menjadi pionir seperti di Bali, bukan karena anggaran yang banyak, tetapi semangat itulah yang akan membuat olahraga ini berkembang,”serunya.

Lebih lanjut katanya, Pengprov Papua kini memiliki dua lapangan cricket berstandar internasional, semua itu karena kerja keras dari pengurus PCI Papua.

Terbukti pada perhelatan PON XX Papua 2021 lalu, atlet cricket menjadi penyumbang medali emas pertama dari Cabor lain yang dipertandingkan waktu itu.

“PON XX kemarin, dari Cabor cricket persembahkan satu medali emas di nomor 6 putri dan medali perak di nomor 6 putra. Saat ini cricket masuk kategori olahraga prioritas, maka kita mulai lantik pengurus supaya menjaring atlet-atlet berprestasi dan dipersiapkan menuju PON XXI Tahun 2024 di Aceh,” tandasnya.

Sementara itu, Marjan Tusang, Ketua Umum Pengda PCI Mimika, mengawali masa kepengurusannya, ia mengajak seluruh pengurus saling bahu membahu memajukan olahraga cricket di Mimika, dengan tidak terlepas dari dukungan Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika.

“Dulunya kami kenal olahraga Cricket dengan nama kasti, kini kita kenal istilah cricket, tentunya harus didukung sarana prasarana, dan komitmen nyata dari stakeholder terkait,” ujarnya.

Menyusul, Cessar Avianto Tunya, Sekretaris Umum KONI Mimika, pada kesempatan itu mengungkapkan, suatu organisasi olahraga dapat berkembang, semuanya tergantung kepada para pengurusnya.

“Kami harap, cricket Mimika juga bisa melahirkan prestasi, dan ini jadi tanggung jawab pengurus, bagaimana membesarkan cabang olahraga ini dengan mendulang atlet-atlet berprestasi,” harapnya.

Selanjutnya, Hendritte W. Tandiyono,  Asisten III Setda Mimika menambahkan, pengurus yang sudah dilantik harus bisa memajukan olahraga cricket di Mimika

“Banyak yang belum tahu olahraga cricket, ini tugas pengurus untuk perkenalkan kepada publik, terutama anak muda, agar bisa lahir atlet muda yang handal,dengan harapan  ke depan bisa mengharumkan Mimika di event lokal, nasional bahkan internasional,” demikian Hendritte. (a30)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *