Eltinus Deklarasikan Diri jadi Calon Gubernur Papua Tengah

Spread the love

DEKLARASI – Bupati Eltinus Omaleng saat mendeklarasikan dirinya sebagai Gubernur Provinsi Papua Tengah, di Halaman Gereja Kingmi 32 Rabu (15/6). FOTO: Yosef/TimeX

TIMIKA, TimeX

Eltinus Omaleng, SE MH, secara resmi melakukan deklarasi sebagai calon Gubernur Provonsi Papua Tengah, yang baru akan terbentuk secara resmi dalam waktu dekat ini.

Baca juga : Polsek Kwamki Narama Fasilitasi Penyelesaian Denda Adat

Kesiapan dirinya untuk maju sebagai calon gubernur ini dinyatakan dihadapan ribuan warga Mimika yang hadir memadati pelataran Gereja Kingmi, Mile 32, Rabu (15/6).

Eltinus mengatakan, Provinsi Papua Tengah yang akan segera terbentuk ini harus dipimpin oleh mereka yang dipilih langsung oleh masyarakat.

“Saya sendiri tidak bisa menegaskan sebagai calon Gubernur. Namun masyarakat Mimika harus mengatakan bahwa calon gubernurnya adalah Eltinus Omaleng,” katanya dalam deklarasi di Halaman Gereja Kingmi 32, Rabu (15/6).

Orang nomor satu Mimika ini mengatakan, dirinya tidak mau berdiam diri. Ia akan menjemput kursi sebagai anak asli Amungme dalam Pilkada yang akan dilaksanakan di Tahun 2024.

“Jika dibiarkan saja baru, nanti orang lain bangun kita punya daerah,” katanya.

Lebih lanjut Eltinus mengatakan, dirinya telah ditelepon oleh Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe untuk menjadi calon Gubernur Provinsi Papua Tengah.

“Ucapan selamat pertama kali disampaikan oleh Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe yang mendukung penuh saya, makanya saya tidak ragu-ragu akhirnya saya pasang langsung (deklarasi),” tegasnya.

Kendati dirinya antusias menjadi gubernur, namun ia tidak ingin menutup jalan bagi kandidat lain yang hendak maju dan bersaing dengan dirinya di Pemilu 2024.

“Kalo Bupati lain ingin mencalonkan diri, go ahead, no problem,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Mimika Anton Bukaleng juga menyampaikan mendukung Papua Tengah dan Elitinus Omaleng sebagai gubernurnya. Selain itu Yohanes Kemong juga menyampaikan, dirinya berharap Kabupaten Mimika dapat menjadi Provinsi.

“Jadi sudah secara resmi 300 ribu lebih masyarakat di Kabupaten Mimika dengan resmi mendukung Provinsi Papua Tengah “sah,” tegasnya.

Sementara itu, beberapa tokoh masyarakat, pemuda, paguyuban, agama, dan Ketua Kerukunan mendukung Eltinus Omaleng.(a35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *