Waspada! Timika Diguyur Hujan Deras Disertai Angin Kencang

Spread the love

Sony Hartono. FOTO : ELISA/TimeX

TIMIKA,TimeX

Badan Pusat Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Timika menghimbau kepada masyarakat agar mewaspadai hujan deras disertai petir dan angin kencang.

Baca juga : Aryani Wermasubun Juara 1 Lomba Cerita Rakyat Tingkat SD se-Mimika

Wilayah Timika yang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang yakni wilayah Distrik Mimika Baru, Distrik Kuala Kencana dapat meluas ke Distrik Wania, Distrik Iwaka dan sekitarnya.

Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung pada sore pukul 18:30 WIT hingga malam hari.

Demikian dijelaskan Sony Hartono, Forecaster BMK Timika saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (23/5).

Ia menjelaskan suhu rata-rata untuk wilayah Timika pada siang hari dalam kisaran 27 sampai 31 derajat celsius dengan kelembaban 70 hingga 90 persen. Sementara sore hari kisaran 23 sampai 24 derajat celsius.

Kemudian wilayah perairan Agats dan Amamapare diprediksi hujan dengan intensitas ringan di wilayah timur selatan, kecepatan angin 0,5-15 knots dengan tinggi gelombang 0.05-1,25 kategori rendah.

Diharapkan masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadinya gelombang tinggi agar selalu waspada. Sementara masyarakat yang berada di wilayah Timika diminta waspada, apabila ada peningkatan curah hujan dengan durasi yang lama karena bisa mengakibatkan banjir apabila saluran drainase tidak dibersihkan.

“Perlu mewaspadai hujan yang disertai angin kencang dan juga petir karena bisa mengakibatkan pohon tumbang atau tersambar petir,” katanya. (a35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *