Seminggu, Klinik Pemda Tangani 50 Kasus ISPA

Spread the love

Ruth Karapa. FOTO :ELISA/TimeX

TIMIKA, TimeX

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) merupakan urutan pertama di antara 10 jenis penyakit dominan yang ditangani di Klinik Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika. Tercatat dalam seminggu klinik melayani sebanyak 50 pasien ISPA.

Baca juga : Kerjasama Pemerintah-Swasta Dorong Peningkatan SDM di Semua Bidang

Ruth Karapa, salah seorang Suster saat ditemui Timika eXpress di Klinik Pemda Senin (23/5) mengatakan, sebenarnya banyak cara agar terhindar dari penyakit mengganggu saluran pernapasan tersebut. Salah satunya yaitu dengan menjaga Pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Selain itu masyarakat diminta untuk tidak terlalu aktif melakukan aktivitas diluar rumah.

Selain ISPA yang menduduki urutan pertama, pada urutan kedua adalah penyakit Malaria sebanyak 30 kasus dan disusul penyakit lainnya rata-rata 1-5 kasus.

Melihat kondisi kerja yang dominan, ia menghimbau seluruh masyarakat agar menjaga kesehatan lingkungan sekitar tidak ada sampah udara dan ventilasi baik dirumah masing-masing.

Adapun wilayah kerja klinik meliputi seluruh ASN yang berbeda dilingkungan Pemda dan masyarakat, pelayanan di buka mulai hari Senin sampai Jumat pukul 08:00 hingga 15:00. Para pasien yang berobat harus menggunakan kartu berobat dan BPJS Kesehatan jika belum terdaftar bisa menggunakan KTP sebagai indentitas diri.

Ditambahkan jumlah tenaga perawat yang ada di klinik pemda yakni, 2 perawat, 1 bidan, dan 4 dokter umum,” tutupnya. (a35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *