Lagi, Seorang Bocah Dicabuli Ayah Pantinya

Spread the love

PELAKU-Pelaku saat di introgasi oleh polisi. FOTO: Istimewah

TIMIKA, TimeX

Lagi-lagi, kasus pencabulan anak dibawah umur kembali terjadi di Mimika.

Peristiwa pencabulan terhadap anak dibawah umur akhir-akhir ini di Mimika sangat marak, dan kebanyakan dilakukan oleh orng terdekat korban.

Baca juga : Kebakaran di Jalan Budi Utomo Diduga Faktor Kelalaian

Kali ini menimpa seorang bocah berusia 13 tahun berinisial A, yang merupakan anak panti di salah satu panti asuhan di Jalan Sopoyono, SP 4. Mirisnya pencabulan ini dilakukan oleh ayah panti, alias pemilik panti asuhan itu sendiri dengan inisial (AL).

Iptu Berthu Harydika Eka Anwar, saat ditemui Timika eXpress di ruang kerjanya, Senin (23/5) mengungkapkan, kasus ini sudah terjadi sejak 31 Maret 2022, tetapi karena korban masih dibawah umur sehingga takut dan dia baru melapor pada 19 Mei 2022.

“Korban yang masih dibawah umur itu sempat mengalami trauma, lalu dia beranikan diri untuk melaporkan ke istri dari pemilik panti asuhan sehingga korban bersama istri pelaku melapor ke kantor polisi,” katanya Iptu Berthu.

Menurut keterangan polisi, kejadian itu berawal, saat pelaku masuk kedalam kamar korban pada pukul 02.00 WIT dini hari, lalu menutup muka korban menggunakan bantal, lalu melakukan pencabulan terhadap anak tersebut.

Dan dari hasil visum pun telah ditemukan, memang ada tanda-tanda pencabulan tersebut.

“Kita sudah temukan barang bukti baju korban dan hasil visum serta tersangka sudah kita amankan “ kata Iptu Bertu.

Tersangka akan dijerat pasal 82 ayat 1 undang-undang perlindungan anak dengan ancamana minimal 5 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.

“Kasus pencabulan kini marak terjadi, dibandingkan dengan curanmor dan bahkan lagi tinggi di bandingkan tingkat kriminal lainnya,” katanya.

Iptu Berthu juga menambahkan, terkait dengan panti asuhan milik pelaku, akan dicek legalitasnya.

“Kita memang belum turun untuk mengecek karena itu harus terdaftar di Kementrian Sosial atau Dinas Sosial di kabupaten ini,”ungkapnya. (a42)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *