Pembangunan Terminal Bandara dari APBD Rampung 70 Persen

Spread the love

KUNKER – Anggota Komisi B DPRD Mimika melakukan kunjung kerja di Terminal Bandara Mozes Kilangin pada Jumat (13/5). Foto: Indri/TimeX

TIMIKA,TimeX

Progres pembangunan terminal bandara Mozes Kilangin yang dikerjakan dengan sumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Mimika, diperkirakan sudah mencapai 70 persen. Ditargetkan 2023 nanti pekerjaan fisik sudah selesai 100 persen.

Baca juga : Ada Tiga Sumber PAD dari Terminal Bandara Mozes Kilangin

Y Jefri Pawara, Kepala Bidang Perhubungan Udara, Dishub, mengatakan, saat ini pembangunan terminal bandara yang dikerjakan oleh PT Panca Duta telah rampung kurang lebih 70 persen dan diperkirakan setelah rampung 100 persen maka penyerapan anggarannya secara keseluruhan bisa mencapai Rp 252 miliar.

“Memang tahun ini belum bisa difungsikan, kita fokus pekerjaan fisik harus selesai 100 persen di tahun ini juga. Karena nanti di 2023, kita akan anggarkan sebesar Rp 40 miliar untuk pengadaan isi terminal,” ujar Jefry.

Dijelaskan Jefry, khusus terminal bandara yang pembangunnya bersumber dari APBD, interiornya akan serupa dengan terminal bandara yang didanai oleh APBN, dan akan memiliki tiga garbarata.

“Intinya desain ruangannya, interiornya nanti akan sama persis dengan terminal dari APBN, nanti dinding bagian ujung terminal antara terminal APBD dan APBN, akan dijebol sehingga ruanganya menyatu,” jelas Jefry.

Jika pengerjaan fisik dan pengadaan isi terminal semuanya sudah rampung, maka paling lambat 2024, terminal  sudah bisa difungsikan

Untuk pengelolaannya sendiri rencananya akan tetap ditangani oleh UPBU, mengingat operasional bandara ini nantinya akan sangat besar. (a30)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *