Ketua Umum dan Pengurus KKBSU Periode 2022-2027 Dilantik

Spread the love

SERAHKAN – Cherly Lumenta Ketua Periode 2016-2021 saat menyerahkan pataka kepada Herlina Pussung sebagai Ketua Umum KKBSU periode 2022-2027. FOTO: RINA/TIMEX

TIMIKA,TimeX

Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika melantik ketua umum dan pengurus Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara (KKBSU) Kabupaten Mimika periode 2022-2027 di Graha Eme Neme Yauware, Jumat (13/5).

Baca juga : Warga Sesalkan Pengerjaan Drainase di Busiri Ujung Tak Kunjung Kelar

Pelantikan ini mengusung tema ‘Terpanggil untuk melayani’ dan sub tema ‘Kasih persaudaraan membangun Mimika’. Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka, tongkat estafet, makan kue khas daerah Manado, penandatanganan berita acara serta dihibur dengan berbagai penampilan.

Johanes Rettob, Wakil Bupati Mimika dalam sambutannya mengatakan, organisasi masyarakat dibentuk untuk kebersamaan, kekompakan dan kepedulian bersama. Organisasi ini jangan sampai membuat perpecahan karena kepentingan individu, kelompok tertentu, ataupun kepentingan orang lain yang dapat memprovokasi dan merusak organisasi.

“Organisasi yang sudah dibentuk jangan membawanya ke ranah politik, tapi untuk kepedulian dan kebersamaan kita. Kalau sudah ada kepentingan politik dalam suatu organisasi masyarakat, kita pasti akan terpecah belah. Dan kalau mau berpolitik masuk partai politik,” jelasnya.

Ia berharap organisasi masyarakat yang muncul dan berdiri di Indonesia secara khusus di Kabupaten Mimika tentunya bisa menjadi mitra pemerintah. Bisa mewujudkan komunikasi yang efektif dengan pemerintah ataupun masyarakat.

“Hari ini ketua dan pengurus KKBSU dilantik untuk lima tahun kedepan. Untuk itu, kita harus tetap menghargai mereka yang punya daerah ini terutama dus suku besar di Mimika. Dan saya berpesan kerukunan ini jangan sampai terpecah belah. Kita harus selalu kompak demi membangun Kabupaten Mimika,” katanya.

Herlina Pussung, Ketua Umum KKBSU dalam sambutannya mengatakan ada rencana Tuhan dalam keterpanggilan dan terpilihnya dirinya sebagai Ketua Umum Kerukunan Keluarga Besar Sulawesi Utara di Kabupaten Mimika periode 2022 2027.

Dalam tugas pelayanan yang diberikan kepadanya, tentunya bukan tugas yang mudah, sehingga ia butuh support dari semua elemen warga KKBSU dan dibantu dengan rekan-rekan atau tim kerja yang siap berkomitmen “Melayani dengan sepenuh hati” untuk warga Sulawesi Utara di Kabupaten Mimika.

Dalam tugas pelayanan kepengurusan KKBSU Kabupaten Mimika yang baru ini, kata dia, tentunya pihaknya memiliki acuan dalam pelayanan sebagai tim kerja yakni program kerja dan master plan sehingga visi misi bisa diwujudkan dalam pelayanan kepada Pemerintah Daerah Mimika maupun warga Sulawesi Utara khususnya dan seluruh masyarakat Kabupaten Mimika pada umumnya.

“Kami senantiasa memegang teguh prinsip “Dimana Bumi dipijak Disitu langit dijinjing” dan filosofi “Sitou Timou Tumou Tou/ Manusia Hidup Untuk Memanusiakan manusia yang lain,” katanya.

Lanjutnya, menjadi tanggung jawab pengurus KKBSU Kabupaten Mimika mendukung program pemerintah, bersama-sama dengan pemerintah kabupaten, Forkopimda, lintas kerukunan, paguyuban dan tokoh agama yang ada di Mimika membangun dan menjaga kedamaian daerah ini.

Dengan selogan “Dari Torang For Torang dengan menggabungkan selogan Moto Daerah Kabupaten Mimika “Eme Neme Yauware” yang bila digabungkan Motto tersebut menjadi berarti, ‘Dari kita untuk kita, bersatu, bersaudara membangun kabupaten Mimika tercinta ini.

“Dan hal ini adalah bagian dari Misi saya ketika mencalonkan diri sebagai Ketua Umum KKBSU Kabupaten Mimika yakni KKBSU bisa bermitra dengan siapa saja dalam mensejahterakan warga membangun kabupaten Mimika,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia menyampaikan, KKBSU siap menjadi wadah dalam pengembangan potensi-potensi yang ada, baik Warga KKBSU maupun di lingkungan masyarakat umum Mimika, dalam bidang seni, olah raga budaya termasuk kearifan lokal.

Dalam program 100 hari kedepan, katanya, sejak dilantik sesuai dengan program kerja yang direncanakan, maka pengurus yang baru ini akan mempersiapkan Rapat Kerja untuk semua Pengurus dan Perwakilan rukun-rukun KKBSU sehingga bisa menjadi team work dalam pelayanan kepada warga, dengan Managemen yang baik dan bertanggung jawab serta melayani dengan sepenuh hati.

Salah satunya adalah rencana Pembangunan Rumah Besar (Walewangko). Tentunya pada kesempatan ini, besar harapannya kiranya Pemerintah Kabupaten Mimika bisa membantu dalam pembangunan Rumah Besar yang sudah dicita-citakan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum KKBSU periode sebelumnya yakni Cherly Lumenta SE.M.Si, telah membuat sumbangsih yang sudah dikerjakan selama periode kepengurusannya,” tambahnya.

Kepada semua Pengurus, serta Dewan Penasehat, serta seluruh Warga KKBSU yang sudah memberikan pelayanan yang terbaik dan saat ini tongkat estafet pelayanan ini diserahkan kepadanya untuk terus melanjutkan tugas pelayanan tersebut.

“Saya yakin dan percaya kita bersama-sama pasti bisa mewujudkan visi dan misi ini. Tentu dengan mengandalkan Tuhan dalam setiap kegiatan akan bisa mewujudkan semua itu. Bersama kita bisa menjalankan program kerja KKBSU dengan semangat MAPALUS (gotong royong),” ujarnya.

Cherly Lumenta, Ketua Periode 2016-2021 mengatakan sebagai ketua periode sebelumnya ia telah menyerahkan estafet berupa pataka dan tongkat kepemimpinan KKBSU kepada Herlina Pussung untuk dapat melaksanakan tugas dan pelayanan dalam kerukunan ini.

“Hal ini membuat kita percaya dan optimis bahwa KKBSU akan lebih kompak, bersemangat dan tentu lebih baik. Supaya bisa mewujudkan harapan seluruh warga sesuai perspektif yang sudah disampaikan oleh ketua umum dalam visi dan misinya,” ujarnya.  (aro/a33)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *