Fenomena Matahari Cincin Hiasi Langit Timika

Spread the love

MATAHARI – Nampak matahari saat siang hari Jumat (13/5). FOTO : ELISA/TimeX

TIMIKA,TimeX

Fenomena matahari cincin terlihat dari langit Mimika pada Jumat (13/5)sekitar pukul 12.00 WIT. Terlihat sisi luar matahari dikelilingi oleh ilusi optis sehingga terlihat menyerupai cincin atau halo (lingkaran).
Dibuat takjub, masyarakat pun antusias keluar rumah untuk melihat langsung dan ada yang mengabadikan momen tersebut.

Baca juga : Warga Sesalkan Pengerjaan Drainase di Busiri Ujung Tak Kunjung Kelar

Saat ditemui Timika eXpress, Forecaster BMKG Timika, Sony Hartono menjelaskan

fenomena Halo merupakan fenomena matahari membentuk seperti cincin, hal itu disebabkan oleh pembiasan sinar matahari oleh awan tinggi.

Dirinya menjelaskan, fenomena ini merupakan refleksi dari sinar matahari terhadap awan-awan yang ada di sekitarnya sehingga membuat posisi matahari berada di tengah lingkaran besar menyerupai cincin.

“Kalau dilihat, mungkin cerah tidak ada awan, tapi diatasnya ada lapisan awas tipis yang mengandung uap air yang apabila menyebar akan memantulkan cahaya itu,” jelasnya.

Menurutnya, fenomena Halo ini biasanya terjadi di daerah yang kelembabannya cukup tinggi dab awan yang membiaskan sinar matahari itu biasa disebut awan tipis cirrus yang berada pada ketinggian sekitar 6.000 meter dari permukaan bumi.

“Awan cirrus yang sangat dingin inilah yang membiaskan cahaya matahari. Sehingga membentuk seperti cincin yang melingkari matahari,” tutupnya. (a35)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *