Meriahkan HUT ke 3, YPPPM Gelar Aneka Lomba

Frisa Lokobal. FOTO: MARCEL LELA ONA/TIMEX

TIMIKA,TimeX

Meriahkan HUT ke 3 yang jatuh pada 20 September mendatang, Yayasan Putra Putri Papua Mandiri (YPPPM)  menggelar aneka lomba diantaranya tari seka, Yospan dan fashion show yang ditampilkan oleh anak-anak dari Mambruk Models.

Baca juga : BBKSDA Lepasliarkan 17 Ekor Satwa di Hutan Kuala Kencana

Baca juga : Michael Gomar: Sudah Bukan Jamannya Turun ke Jalan

Baca juga : Pembawa Api PON Atlet Nasional

Peserta lomba ini lebih dikhususkan untuk anak usia 5 tahun serta remaja 17 tahun yang bergabung pada sanggar-sanggar seni maupun tercatat sebagai pelajar di sekolah-sekolah.

Firsa Lakobal, penanggungjawab Mambruk Models menjelaskan YPPPM ini terbentuk tahun 2018. Namun yang menyelenggarakan lomba ini dari Mambruk Models.

“Untuk sekolah-sekolah sudah kami datangi dan saat ini sudah ada 15 tim yang terdaftar untuk lomba tari seka dan Yospan,” ungkap Firsa saat ditemui Timika eXpress di Kwamki, Senin (14/9).

Ia menjelaskan momen ini sebagai bentuk dan upaya untuk mengangkat adat dan budaya khususnya dua suku yang ada di Timika, yaitu Amungme dan Kamoro, karena di tengah masyarakat, jika mendengar models ataupun fashion show itu berarti hanya bisa dilakukan di negara ataupun dunia artis. Padahal, hal itu bisa juga dilakukan di Timika.

“Kita yakin bahwa kita di Timika bisa juga pamerkan adat dan budaya kita melalui fashion show dan lewat kegiatan ini bisa memupuk mental dan keberanian anak-anak selaku generasi penerus, karena lomba ini tidak hanya diikuti hanya oleh anak-anak suku Amungme dan Kamoro saja, tapi terbuka untuk siapa saja,” ujarnya.

Dikatakan, sebenarnya puncak HUT YPPPM ini pada 18 September tetapi karena bertepatan dengan hari Sabtu, maka diundur ke tanggal 20. Faktor lain masih dimasa pandemi Covid-19.

“Kita tidak mau ambil risiko. Kita atur waktu yang tepat dan tetap perhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Penulis : Marsel

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *