Venue Panjat Tebing Siap Digunakan

LATIHAN- Seorang atlit saat latihan di venue panjat tebing Jalan Charitas SP2, Sabtu (11/9). FOTO : ELISA/TIMEX

TIMIKA,TimeX

Venue panjat tebing untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, sudah mencapai 100 persen, sementara posisi wall climbing saat juga telah siap.

Baca juga : Pengukuhan dan Pemberkatan Pengurus DPC GAMKI Mimika, DPD Papua Harap GAMKI Mimika Menjadi Kompas

Baca juga : Mengenal Fransiskus Tanu, Kapten Futsal PON Papua Asal NTT

Ketua Harian Cabang Olahraga Panjat Tebing KONI Mimika, Muhammad Basar saat ditemui awak media sudah  Charitas SP2 Sabtu (11/9), mengatakan, sejauh ini peralatan dan perlengkapan dari Kemenpora sudah siap untuk kompetisi, namun ada beberapa peralatan dari PB PON yang belum datang yakni peralatan mebeler.

Peralatan masih diuji coba, untuk latihan atlit Papua, sehingga alat-alat yang dipasang yaitu, ponit, volum, point, tali panjat, matras latihan semuanya itu milik Papua.

“Kita masih sentuh alat-alat untuk kompetisi resmi semuanya masih ada dalam gudang,” terangnya.

Jumlah atlet yang sudah tiba di Timika saat ini sebanyak 13 orang dari FPTI Papua, bersama official pelatih 10 orang. Untuk atlit sudah mulai latihan sejak 21 Agustus.

Sementara untuk kapasitas tribun minimal 300 orang, namun akan disesuaikan nanti dengan standar Prokers.

Adapun fasilitas ruang meliputi, ruang ganti, ruang atlet, gudang, rumah doping, ruang kesehatan, ruang sekertaris, mushola, gudang cadangan, dan toilet.

Sementara untuk gedung bagian belakang meliputi ruang wasit, gudang alternatif, ruang wasit, ruang atlet, loker, dan toilet.

Menyinggung mengenai persiapan pertandingan, kata dia, untuk poin setiap pertandingan akan berubah dan para atlet hanya mendapat satu kesempatan untuk melihat poin untuk jalur sebelum pertandingan dimulai.

Kata Muhammad Basar, ketua harian FPTI Mimika saat ditemui Sabtu (11/9) mengatakan, 16 nomor akan dipertandingkan dalam ajang ini masing-masing Lead Climbing sepanjang 23 meter, Speed Climbing sepanjang 15 meter, Bouldering sepanjang 19-20 meter, kalasik, mix dan kombinasi.

Penulis : Elis

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *