PLN Siap Penuhi Kebutuhan Listrik PON XX

TINJAU- Syamsul Huda Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapa) PT. PLN Persero saat meninjau lokasi venue GOR MSC yang berada dibilangan Jalan Charitas SP2, Rabu (8/9). FOTO : ELISA/TimeX

TIMIKA, TimeX

PT PLN di Papua, termasuk PLN UP3 Mimika, sudah siap 100 persen untuk melayani kebutuhan listrik demi suksesnya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan digelar 2-15 Oktober 2021 mendatang.

Baca juga : Eltinus Omaleng: Semua Harus Bergandengan Tangan Sukseskan PON XX

Ditemui awak media di venue GOR MSC yang berada dibilangan Jalan Charitas SP2, Rabu (8/9), Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara (Sulmapa) PT. PLN Persero, Syamsul Huda mengatakan dirinya ke Mimika untuk memastikan kesiapan PLN dalam mendukung PON XX Papua ini.

“Dari hasil melihat langsung ke lapangan saya optimis PLN mampu melayani kebutuhan listrik PON dengan maksimal, baik di Jayapura, Timika dan Merauke,” jelasnya.

Dirinya menyaksikan sendiri bagaimana simulasi PLN mengamankan suplai listrik di salah satu venue yang ada di Timika.

Disimulasikan jika sistem listrik dari PLN padam maka backup sudah bisa jalan, ada Uninterruptible Power Suply (UPS), genset yang dipasang di venue sehingga praktis kedip pun tidak ada saat terjadi gangguan dari sistem kelistrikannya PLN.

“PLN siap melayani kebutuhan listrik untuk suksesnya PON XX Papua,” tandasnya.

Diketahui, sistem kelistrikan di Jayapura sudah siap dengan daya pasok 145 MW, dengan beban puncak diproyeksikan sebesar 99,3 MW, ada cadangan daya sebesar 45,7 MW atau sebesar 32 persen, Mimika dengan total daya 36,7 MW, sementara beban puncak 27,6 MW, berarti ada cadangan daya 9 MW atau 25 persen dan untuk Merauke dengan total daya 46,5 MW dan beban puncak diperkirakan hanya 27,6 MW berarti ada cadangan daya 18,9 MW atau 41 persen.

Nantinya pihak PLN akan menyiapkan 1574  personilnya untuk 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis seperti kantor VIP, penginapan, Rumah Sakit, Command Center dan lainnya.

“Kalau hanya mengandalkan teman-teman PLN dari Papua, jumlahnya kurang karena itu kami dari PLN pusat untuk menugaskan unit-unit di sekitar Papua untuk mengirimkan petugasnya ke Papua,” jelasnya.

Penulis : Elis

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *