25 Persen Pendaftar Relawan PON XX Belum Divaksin

Spread the love
Agus Kreey. Foto :Indri/TIMEX
TIMIKA,TimeX

Dari jumlah 4.565 orang yang mendaftarkan diri menjadi relawan PON XX Papua 2021 Klaster Mimika, masih ada sekitar 1.000 orang atau setara 25 persen belum menerima vaksin Covid-19.

Baca juga : Relawan Dapur Noerthiz Berbagi dengan Anak Yatim dan Dhuafa

Baca juga : Miris! 13 Tahun Proyek Pamsimas di Nawaripi Mangkrak

Ini terbukti saat memasukan berkas lamaran tidak melampirkan surat keterangan vaksinasi Covid-19.

Untuk menjawab antusiasme pendaftar yang belum melampirkan surat keterangan telah divaksin, maka panitia bidang SDM Sub PB PON Kluster Mimika kembali membuka gerai vaksin di Kantor KONI Mimika.

“Ini supaya pelamar yang belum divaksin bisa mengikuti vaksinasi sebagai syarat mutlak untuk jadi relawan,” ungkap Agus Hugo Kreey Koordinator Bidang SDM Sub PB PON Kluster Mimika  kepada Timika eXpress di Hotel Kamoro Tame, Rabu (1/9).

Dipastikan jika 25 persen pelamar tidak memasukan surat vaksin, maka tidak dapat diakomodir sebagai relawan sesuai intruksi Ketua Umum PB PON Provinsi Papua, Ketua Umum Sub PB PON Klaster Mimika.

“Selama penyelenggaraan PON di empat klaster di Papua termasuk Mimika, setiap panitia yang masuk ke venue-venue Cabang Olahraga harus melakukan scanning barcode vaksin. Seandainya sudah terdaftar tapi tidak bisa scanning barcode, pastinya uang penganti tranport tidak bisa diberikan, dan tentu akan menjadi masalah bagi pantia, ini yang kami antisipasi,” serunya.

 Lebih lanjut kata Agus Hugo Kreey, dari 4.565 pendaftar relawan PON XX Klaster Mimika, 1.000 diantaranya merupakan Orang Asli Papua (OAP), dan 800 merupakan putra-putri asli Amungme dan Kamoro.

Agus Kreey mengapresiasi antusiasme OAP mendaftarkan diri sebagai relawan mendukung iven olahraga nasional, meski dari 4.565 pelamar hanya dibutuhkan 4.100.

Adapun saat ini, panitia penerimaan masih melakukan verifikasi dan pengimputan secara manual, karena menunggu informasi kebutuhan dari masing-masing bidang untuk 9 Cabor dan 12 disiplin pertandingan di Mimika.

“Kita masih verifikasi berkas sesuai  peryaratan masing-masing job, seperti LO, volunteer dan work fast, dengan melihat tingkatan usia, pendidikan akhir,” jelasnya.

Agus Krrey menambahkan, sesuai perintah Pemerintah Daerah juga Panitia Sub PB PON Klaster Mimika, verifikasi berkas akan memprioritaskan OAP, lebih khusus Amungme Kamoro.

Disamping itu, setelah verifikasi berkas selesai dan kouta relawan untuk masing-masing job sudah ada, maka akan langsung dilakukan pendistribusian relawan karena target panitia bidang SDM, paling lambat tanggal 10 September pekan depan sudah dilakukan Bimtek bagi para relawan.

Penulis : Indri

Editor : Maurits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *