PLN akan Pasang LBS di Venue PON

Marthinus Irianto Pasensi. Foto :Indri/TimeX

TIMIKA,TimeX

Mematangkan suplai listrik di setiap venue, PT PLN Persero Kabupaten Mimika akan memasang Load Break Switch (LBS) yakni alat pemindah jaringan secara otomatis, apabila terjadi pemadam listrik.

Baca juga : Panti Asuhan Santa Susana Asuh 41 Anak Broken Home

Baca juga : Nuansa Kemerdekaan Belum Terlihat di Puspem

Baca juga : 60 Pegawai PLN Timika Divaksin

Marthinus Irianto Pasensi Kepala PT PLN Mimika, kepada Timika eXpress, mengatakan,  dua peralatan LBS There Way, sudah tiba, rencananya pemasangan awal akan dilakukan di Venue Judo, yakni Gedung Eme Neme Yauware selanjutnya barulah dipasang di Mimika Sport Compleks (MCS).

“Venue PON ini minimal disuplai oleh dua jalur atau tiga jalur, nah dengan adanya alat ini, jika terjadi pemadan listrik di Venue, maka secara otomatis, LBS akan alirkan sistem listrik dari jalur lain, ke jalur yang padan, ini mencegah terjasinya pemadan listrik di venue pada saat pertandingan berlangsung,” jelas Irianto, di ruang kerjanya, Senin (2/8).

LBS kata dia memang harusnya dipasang di atas jaringan sesuai kebutuhan, agar listrik yang padan dapat menyala secara otomatis.

Meski begitu, Irianto, menjamin, selama perhelatan PON, suplai listrik di masyrakat tidak tergangu.

“Kita akan buat jaringan semaksimal mungkin, dan kita pasitkan LBS akan mengkafer semua venue, terkait hal ini sudah kita rapat untuk pematangan persiapan,” ungkapnya.

Menurut Irianto, karena selain PON, Mimikapun akan menjadi tuang rumah Pesparawi, dan itu berlangsung usai perhelatan PON, sehingga apa yang dipersiapan PT PLN untuk perhelatan PON, akan digunakan juga pada saat Pesparawi nanti.

“Memang menyangkut hal ini, beberapa minggu lalu, dari kantor wilayah Jayapura, sudah datang ke sini (Mimika) untuk membicarakan soal kesiapan kami, karena dua agenda besar, menjadi fokus utama kita, dan kamipun terus melakukan koordiansi dengan panitia PB PON Kabupaten Mimika,”ketusnya

Bahkan, kata Irianto, pihaknya sudah meninjau langsung semua venue yang ada,  guna memastikan, titik-titik mana yang akan diletakan genset mobile saat pertandingan nanti

“Kita nanti juga akan mengecek, semua kebutuhan masing-masing venue, dan akan berkoordiansi dengan event organizer, alat-alat apa yang mereka pakai, dan butuh daya berapa? Sehingga akan kita sesuaikan, tetapi terkait dengan peralatan sudah kita matangkan, nanti dalam waktu dekat kita akan memasang LBS There Way,” ungkapnya.

Penulis : Indri

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *