Semakin Banyak Mengetahui Ilmu SAR Makin Banyak yang Diselamatkan

FOTO BERSAMA : 51 peserta pelatihan potensi SAR di Lapangan Kantor SAR Timika, Jalan Yos Sudarso, Sabtu (19/6). FOTO: ELIS/TimeX

TIMIKA, TimeX

Pelaksanaan Pelatihan Potensi SAR khusus Vehicle Accident Rescue yang digelar Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika sejak 14 juni hingga 19 Juni di Kabupaten Mimika telah ditutup.

Baca juga : 7,5 Ton Benih Jagung Varietas HJ 21 Bebas OPTK

Baca juga : Basarnas Agendakan Pelatihan Pontensi SAR

George L.M Randang S.IP, M.A.P, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika menghadiri langsung upacara penutupan pelatihan yang dilaksanakan di Kantor SAR Timika Jl. Yos Sudarso, Sabtu (19/6).

George dalam sambutannya sangat mengapresiasi semangat 51 peserta dalam mengikuti pelatihan potensi SAR sehingga dalam simulasi yang dilakukan cukup banyak yang tahu dan pada saat ujian dapat menyelesaikan pertanyaan dengan baik.

“Pelatihan Potensi SAR ini tidak melihat berapa banyak potensi yang dihasilkan tetapi dapat melihat satu kolaborasi yang sementara digiatkan dari Basarnas,” lanjutnya.

Ia menambahkan, semakin banyak diketahui tentang ilmu SAR maka semakin banyak yang terselamatkan, memang pelatihan ini dengan yang ada di Timika tidak jauh beda tetapi penerapan disiplin dan pembentukan karakter sangat perlu, disiplin juga sebagai salah satu penunjang dalam penyelesaikan tugas kemanusian.

George juga berpesan agar jangan pernah bosan bersama Basarnas untuk menunjang dalam memberikan keselamatan seperti dengan melakukan pemindahan korban dari lokasi yang tidak aman ke tempat yang aman.

George berharap, semoga para peserta dapat memaksimalkan potensi yang didapat jika ada insiden maka manfaat ini akan dapat dirasakan dan semoga ilmu yang sudah di terima selama 6 hari bisa menambah pengetahuan untuk membantu sesama, ilmu jika tidak dibarengi dengan niat maka tidak maksimal begitupun sebaliknya.

Acara penutupan pelatihan potensi SAR ditutup dengan menyanyikan lagu mars Basarnas dirangkaikan dengan pesan dan kesan dari peserta, Agus Salim Nuhuyanan, peserta pelatihan potensi SAR mengatakan pendidikan itu mahal oleh karena itu apa yang disampaikan dan dilatih oleh para instruktur harus diamalkan terutama demi kemanusiaan.

Penulis : Elis

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *