Bapenda Pasang 108 Alat Pemantau di Restoran dan Hotel

Joel Daniel Luhukay. Foto : Rina/TimeX

TIMIKA,TimeX

Kepala Bapenda Mimika melalui Joel Daniel Luhukay, Kepala Bagian Perpajakan Bapenda mengatakan sekitar 108 alat pemantau telah terpasang di restoran, hotel maupun THM.

Baca juga : Modus Penipuan Pengangkatan Honorer Catut Nama Sekda

Baca juga : 2021, Target Penerimaan Pajak Reklame Rp2,4 Miliar

Baca juga : Freeport Sudah Bayar Pajak Air Tanah Rp542 Juta

108 alat pantau tersebut terdiri dari Transaction Monitoring Device (TMD) sebanyak 31 unit dan alat Mobile Payment Online (MPOS) sebanyak 77.

“Semua alat ini masih dalam kondisi bagus dan aktif,” kata Joel kepada Timika eXpress, Senin (14/6).

Menurutnya, setelah dipasang alat pemantau tersebut, pihaknya terus melakukan kontrol karena ada beberapa wajib pajak yang perlu didampingi untuk menggunakan alat pemantau itu.

Karena ketika ada konsumen atau pelanggan masuk ke restoran untuk makan lalu mereka (WP-red) tidak input ke dalam alat tersebut jelas pajaknya tidak akan masuk. Jadi perlu dikontrol dan didampingi oleh petugas pajak Bapenda setiap hari.

“Memang ada yang bandel, untuk itu kita melakukan pendekatan dan melakukan sosialisasi serta mengingatkan terus sehingga mereka paham. Jika seandainya tidak diinput juga maka kita bisa memberikan penetapan jabatan berdasarkan uji kepatuhan. Uji kepatuhan ini sebagai pegangan kita,”tuturnya.

Dirinya mengakui, hanya 2 persen WP yang bandel dan ini masuk dalam pembinaan peetugas pajak.

“Dan disini tugas petugas pajak untuk melakukan pendekatan sosialisasi, pendampingan. Disitu fungsi kontrol kita,”katanya.

Untuk pengadaan alat pemantau ini, kata Joel, hal tersebut sesuai kebutuhan.

“Kita bekerja sama dengan Bank Papua. Jadi,  pengadaan alat ini adalah Bank Papua. Kita cuman jalankan saja. Dan jika kedepannya sudah berjalan bagus kalau kebutuhan mrningkat maka kita akan meminta ke Bank Papua untuk pengadaan lagi. Jadi ini bertahap,” ungkapnya.

Penulis : Rina

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *