Loading

wait a moment

Tingkatkan Pelayanan, BPJS Kesehatan Kembangkan Sistem Pandawa

Djamal Adriansyah. Foto: Rina/TimeX

TIMIKA,TimeX

BPJS Kesehatan selalu berupaya berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan peserta apalagi di era pandemik Covid-19 yang diharuskan untuk menjaga protokol kesehatan, maka BPJS Kesehatan telah mengembangkan sistem administrasi melalui WhatsApp yaitu Pelayanan Administrasi Melalui Chat WhatsApp (Pandawa).

Baca juga : OPD Didorong Daftarkan ASN dan Honorer di BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga : Istri Alm. Luther Kogoya dan Elias Elo Mabel Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

“Pandawa adalah Pelayanan Administrasi Melalui Chat WhatsApp, jadi peserta yang akan mengurus administrasi terkait perubahan data,  perubahan fasilitas kesehatan tingkat Pertama, penambahan anggota keluarga dan lain – lain dapat dilakukan melalui chat WhatsApp saja, tidak perlu repot – repot antri di Kantor Cabang BPJS Kesehatan,”jelas Djamal Adriansyah, Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jayapura kepada Timika eXpress di Hotel Horison Diana, Jumat (4/6).

Dikatakannya, adapun nomor Pandawa yang dapat dihubungi adalah 08114892601. Nomor tersebut adalah nomor admin Pandawa yang hanya dapat merespon melalui Chat WhatsApp. Yang selanjutnya akan meneruskan pesan atau kebutuhan peserta ke nomor – nomor petugas frontliner Pandawa.

“Jadi, dikarenakan masa pandemi pelayanan di kantor cabang BPJS Kesehatan terbatas, hanya melayani 3 segmen (jenis peserta) yaitu Peserta Mandiri kelas 3, Peserta Bukan Pekerja (Pensiunan), dan Peserta Penerima Bantuan Iuran dari pemerintah, sehingga untuk segmen lainnya seperti PNS, TNI dan Polri atau peserta mandiri kelas 1 dan 2 dialihkan melalui kanal layanan lainnya, salah satunya adalah Pandawa ini,”jelasnya.

Djamal menjelaskan, cara mendapatkan pelayanan melalui Pandawa yaitu peserta menghubungi nomor Pandawa. Kemudian, Pandawa mengirimkan template pesan otomatis tentang informasi layanan Pandawa dan meminta peserta ketik “Lanjut” jika memenuhi kriteria pada pesan tersebut.

Selanjutnya, Pandawa mengirimkan template pesan untuk meminta peserta mengisi link form data awal peserta (Nama, Nomor HP, Layanan yang diinginkan, Domisili) sebagai antrian Pandawa, dan meminta peserta ketik “Selesai” jika sudah melakukan pengisian form. Pandawa mengirimkan template pesan untuk menginformasikan kepada peserta bahwa selanjutnya akan dihubungi oleh petugas Pandawa atau staf frontliner.

Kemudian, petugas frontliner menghubungi peserta sesuai dengan meminta peserta mengetik nomor kartu BPJS Kesehatan/NIK petugas Pandawa atau staf frontliner melakukan pengecekan data peserta dan menginformasikan kepada peserta bahwa permintaan transaksi administrasi dapat diproses atau tidak.

“Dalam hal transaksi tidak dapat diproses maka Frontliner wajib menginformasikan kepada peserta alasannya. Jika permintaan transaksi dapat diproses maka lanjut ke template selanjutnya,”ujarnya.

Lanjut dia, peserta mengirimkan berkas persyaratan sesuai dengan pelayanan yang dibutuhkan. Petugas Pandawa atau staf frontliner melakukan pengecekan formulir administrasi dan meminta dokumen pendukung yang diperlukan sesuai dengan jenis transaksi.

“Petugas Pandawa atau staf Frontliner menginformasikan kepada peserta tentang proses transaksi layanan yang dilakukan. Selanjutnya, petugas akan menginformasikan kepada peserta bahwa proses transaksi berhasil dan melakukan edukasi kepada peserta sesuai dengan transaksi yang dilakukan serta mengirimkan flyer edukasi dan link panduan layanan,”jelasnya.

Nantinya, petugas memberikan  kesempatan  kepada  peserta  untuk menanyakan hal terkait transaksi yang telah dilakukan. Petugas akan mengirimkan  link  SUPEL (Suara Pelanggan) dan  meminta  peserta mengisi link tersebut.

Menurutnya, ada sembilan jenis pelayanan yang dapat dilakukan melalui Pandawa ini yaitu pendaftaran baru, penambahan anggota keluarga, pengaktifan kembali kartu, pengaktifan Virtual Account (VA) kedaluwarsa, pindah jenis kepesertaan dari PBI/PPU non aktif menjadi peserta PBPU/Mandiri.

Selain itu, ubah data golongan dan gaji, ubah faskes kesehatan tingkat pertama, perbaikan data peserta PBI dan pengurangan anggota keluarga.

Ditambahkannya, selain kesembilan jenis pelayanan tadi, apabila peserta membutuhkan pelayanan di luar dari pelayanan administrasi tersebut maka peserta dapat mendownload aplikasi Mobile JKN, seperti permintaan informasi dan pengaduan silahkan dapat menggunakan fitur – fitur pada Aplikasi Mobile JKN, VIKA 1500400 atau CHIKA 08118750400.

Penulis : Rina

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *