Loading

wait a moment

Basarnas Agendakan Pelatihan Pontensi SAR

George L. M Randang. FOTO : ELISA/TimeX

TIMIKA,TimeX

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam tahun ini mengagendakan program pelatihan potensi SAR di Kaimana dan Agats.

Baca juga : Rp100 Juta untuk Renovasi Kantor Ketahanan Pangan

Baca juga : Ciptakan Pemilu Demokratis, Bawaslu Gandeng Kelompok Cipayung

Pelatihan ini terkait teknik pertolongan di ketinggian (high angle rescue technique) dan penolong yang pertama tiba di tempat kejadian (medical first responden), karena wilayah tugas Basarnas Timika mencakup Kaimana dan Agats.

George L.M Randang, Kepala SAR Timika mengatakan pelatihan potensi di Kaimana ini direncanakan high angle rescue technique, sedanglan di Agats karena banyak terjadi kecelakaan di pelayaran maka dilakukan pelatihan medical first responden.

“Untuk di Agats nanti secara penanganan memberi bantuan supaya korban bisa selamat, karena belakangan ini banyak terjadi kecelakaan pelayaran,” katanya saat ditemui, Sabtu (5/6).

Pelatihan ini ujarnya, sudah disiapkan dalam rangka membangun sumber daya yang mampu membantu dalam tugas-tugas SAR ke depan, karena Basarnas tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan tugas operasi berkaitan dengan kemanusiaan.

Untuk itu diperlukan bantuan dari instansi terkait, seperti TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran dan tenaga relawan lain.

Ia menambahkan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan teknis pertolongan kepada potensi SAR. Sehingga para potensi SAR yang terlatih dapat membantu tugas Basarnas dalam melaksanakan operasi SAR secara aman, cepat, tepat, terpadu dan terkoordinasi.

George berharap melalui pelatihan ini seluruh potensi SAR memiliki kompetensi dalam bidang pencarian dan pertolongan agar dapat terlibat langsung dalam pelaksanaan operasi SAR ke depan.

Penulis : Elis

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *