Loading

wait a moment

Wagub Klemen Tinal Meninggal Dunia karena Komplikasi Jantung dan Kolesterol

Dimakamkan di Samping Pusara Kedua Orang Tuanya di SP-3

TIMIKA, TimeX

Almarhum Klemen Tinal, SE.,MM, Wakil Gubernur (Wagub) Papua didiagnosa meninggal dunia karena komplikasi jantung koroner dan kolesterol juga diabetes mellitus.
Putra sulung dari pasangan Pdt. Abdiel Tinal (alm) dan Ny.Elisabet Kiwak Tinal (Almh) itu menghembuskan nafas terakhir di RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta pada Jumat (21/5) sekira pukul 04:00 WIB.
Riwayat dan diagnosa kematian almarhum Klemen Tinal dalam usia 50 tahun itu disampaikan secara resmi Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya Dandim 1710 Mimika melalui siaran pers yang diterima Timika eXpress, Sabtu (22/5).
“Almarhum Klemen Tinal meninggal dunia akibat komplikasi jantung koroner, diabetes melitus, dan kolesterol. Ini perlu diketahui masyarakat bahwa almarhum meninggal karena sakit bukan karena faktor lain,” tegas  Dandim Yoga.

Secara terpisah, Lidia Natalia Tinal, putri sulung dari mendiang Klemen Tinal, menyebut sang ayah meninggal dunia karena sakit jantung yang diderita sudah lama, bahkan sudah dipasang ring.

“Bapa memang sudah punya riwayat penyakit jantung koroner, dan beberapa tahun lalu sudah pasang ring di Singapura,” tutur Lidia kepada awak media.

Lidia juga menyebut kalau ayahnya juga didiagnosa menderita penyakit kolesterol, serta diabetes militus sehingga membuat kesehatannya sempat menurun.

“Semua upaya sampai pada saran dan rencana dokter melakukan tindakan operasi baypass jantung, akan tetapi urung dilakukan karena kondisinya bapak belum stabil,” tandasnya.

Dimakamkan di Timika

Jenazah Klemen Tinal rencananya akan dimakamkan di Makam Keluarga yang terletak di Jalan Cenderawasih, Kampung Karang Senang TSM SP-3, Distrik Kuala Kencana.

Almarhum akan dimakamkan di samping pusara kedua orang tuanya, Bapak Pdt Abdiel Tinal (Alm) dan Ny. Elisabet Kiwak Tinal (Almh) yang telah meninggal beberapa tahun lalu.

Adapun keputusan terkait waktu dan tempat pemakaman berdasarkan permintaan dari pihak keluarga.

Sebagaimana pantauan Timika eXpress, sejak pagi hingga Sabtu (22/5) petang, terlihat AKBP I Gusti Gde Era Adhinata bersama keluarga dan masyarakat meninjau lokasi untuk mempersiapkan pemakaman di lokasi makam keluarga tepat di samping Kantor Sentra Pemerintahan Mimika.

Selain melakukan penimbunan di sekitar lokasi pemakaman, petugas pun telah memasang tenda untuk keluarga maupun undangan.

Dipastikan seluruh persiapan sudah rampung sebelum penyambutan jenazah pada Minggu (23/5) siang nanti.

Terkait persiapan, Kodim 1710/Mimika selaku Komando Garnizun telah melaksanakan gladi (persiapan) penjemputan jenazah di Bandara Mozes Kilangin Timika, perarakan menuju tempat persemayaman di Pendopo Rumah Negara,menyusul prosesi pemakaman jenazah.
Kurang lebih 600 personel gabungan TNI-Polri, Satpol PP dan pegawai Dishub Mimika akan disiagakan di sejumlah lokasi mengawal prosesi penjemputan hingga pemakaman jenazah almarhum.
Selaku Komandan Garnizun, Dandim Yoga menerngkan prosesi pemakamannya dilaksanakan secara militer di Kabupaten Mimika dan Bupati Mimika Eltinus Omaleng akan menjadi Inspektur Upacara (Irup).
Jenazah Almarhum Klemen Tinal diterbangkan dari Jakarta ke Jayapura pada Sabtu (22/5) untuk disemayamkan Rumah Negara Dok II Jayapura.
Dari Jayapura, jenazah akan diterbangkan ke Timika pada Minggu (23/5) siang.
Dipastikan jajaran Forkopinda Provinsi Papua akan bersama keluarga mengantar dan membawa jenazah almarhum ke Timika.
Almarhum Klemen Tinal meninggalkan seorang istri, Ny. Stefra Sodora Dupuy atau yang akrab disapa Ny. Yolanda Tinal, serta tiga orang anak, Lidia Natalia Tinal, William Tinal dan Daud Salomon Tinal. (tim)  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *