Petani Siapkan Jambu Kristal untuk PON

Spread the love

BUNGKUS – Asep Syaifudin sementara bungkus buah jambu dengan plastik. Foto: Indri/TimeX

TIMIKA,TimeX

Asep Syaifudin, petani jambu kristal di kebun Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu (KKJB) Kabupaten Mimika tengah mempersiapkan masa panen jambu kristal untuk penuhi kebutuhan menyambut Pekan Olahraga Nasioanl (PON) 2021 dan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi).

Baca juga : 500 Warga Kadun Jaya Kesulitan Air Bersih

Asep menjelaskan saat ini pohon jambu sudah mulai berbunga diperkirakan bisa hasilkan buah melimpah untuk persiapan PON dan Pesparawi.

Ia menargetkan masa panen raya akan berlangsung pada Juli mendatang.

“Memang jambu itu tiga bulan sekali sudah bisa panen. Jadi kami perkirakan untuk Juni hingga Oktober jambu yang lagi bunga saat ini bisa dipanen terus. Untuk saat ini belum ada jambu yang bisa dikonsumsi karena masih kecil-kecil, baru keluar buah, sehingga kami baru saja bungkus dengan plastik agar tidak mudah rusak,” ujarnya saat ditemui Timika eXpres di kebun jambunya Kilo 7 Kelurahan Wonosari, Senin (17/5).

Ia mengaku pada momen puasa dan Lebaran tahun ini tidak ada jambu kristal yang dijualnya.

“Kami petani jambu khusus di Kelurahan Wonosari sekitar 15 orang. Ada yang punya lahan satu hektar lebih bahkan ada yang dua hektar. Jadi kami rasa bisalah stok jambu untuk menjawab permintaan pasar pada saat PON,” ujar Asep.

Kedepan kata Asep, telah direncanakan mengolah jambu kristal menjadi keripik jambu. Rencana ini baru bisa terwujud setelah mendapat bantuan alat vakum fram dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan Kabupaten Mimika.

“Jadi rencananya kita buat keripik sebagai percobaan saja dulu, memang kita lagi cari kompor untuk mengeringkan jambu, kalau nanti pasarannya bagus barulah kita kembangkan,” katanya.

Sesuai pengalamnya panen pada Januari, Februari dan Maret dalam sebulan bisa kurang lebih satu ton lima kwintal.

“Kami punya lahan seluas satu hektar dan kami tanam kurang lebih 650 pohon jambu kristal,” katanya.

Penulis : Indri

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *