Loading

wait a moment

Organisasi MSG Fokus Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19

Pihak ULMWP Tidak Diakomodir SOM

FIJI, TimeX

Negara Anggota yang tergabung dalam Melanesian Spearhead Group (MSG) telah melaksanakan rangkaian KTT pada 28 April 2021.

Rangkaian tersebut diawali dengan Senior Official Meeting (SOM) yang dihadiri oleh pejabat Kementerian Luar Negeri negara anggota tetap, diantaranya Papua Nugini, Fiji, Kepulauan Solomon dan Vanuatu, dengan agenda utama pembahasan anggaran.

Indonesia sebagai Associate Member juga ikut serta berkontribusi dan memberikan solusi dalam forum tersebut.

Sebab, negara anggota MSG mengalami pelambatan pertumbuhan ekonomi sehingga perlu menentukan prioritas program yang terkait erat dengan pembangunan dan kesejahteraan ditengah pandemi Covid-19.

Melalui rilis dari Badan Urusan Perbatasan dan Kerja Sama Luar Negeri Pemprov Papua disebutkan, dalam SOM tersebut tidak ada pembahasan agenda selain anggaran dan ULMWP
(United Liberation Movement for West Papua)
sebagai observer yang diwakili oleh Oridek Ap tidak diperkenankan ikut sehingga tidak ada agenda yang disampaikan pihak observer.

Menurut salah satu Pegawai Sekretariat MSG, tidak dilibatkannya ULMWP dari awal hingga akhir pembahasan anggaran dan program kerja MSG sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku dalam MSG.

Selain itu, ketidakhadiran ULMWP juga merupakan respon positif terhadap keberatan delegasi Indonesia pada SOM sebelumnya karena kehadiran ULMWP yang tidak sesuai prosedur dan tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan para member.

Rapat yang dipimpin oleh Chair SOM atau Acting Sekjen Kementerian Luar Negeri PNG, Elias Wohenggu tersebut akan dilanjutkan kembali setelah negara anggota melihat kembali program apa yang sangat mendesak untuk dijalankan pada tahun 2021.

MSG berkomitmen untuk peningkatan kerjasama antar negara anggota dan tidak akan membahas agenda yang akan merusak semangat kerjasama dan rasa saling menghormati termasuk kedaulatan di antara negara anggota.

Agenda yang dibahas dalam SOM akan dilanjutkan pada pertemuan Foreign Ministerial Meeting (FMM) yang waktunya belum ditentukan. (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *