Harga Cabai Rawit Tembus Rp 150 Ribu Per Kilogram

Spread the love

LAYANI – Fahrul selaku Penjual di Pasar Sentral saat melayani pembeli di Pasar Sentral pada Senin (12/4). FOTO: Rina/TimeX.

TIMIKA,TimeX

Harga cabai rawit di Pasar Sentral tembus Rp 150 ribu per kilo, sejak H-1 Ramadhan hingga H+2. Hal ini dikarenakan pasokan cabai dari petani local sangat minim, akibat cuaca yang tidak menentu.

Baca juga : Pemkab Kucurkan Rp86 Miliar untuk Selesaikan 4 Venue PON

Baca juga : Keamanan jadi Momok Penerbangan di Papua

Fahrul, salah seorang pedagang kepada kepada Timika eXpress di Pasar Sentral, Senin (12/4) mengatakan, sepekan sebelumnya harga cabai masih berkisar antara Rp 60 ribu hingga Rp 70 ribu, namun beberapa hari terakhir mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Katanya, untuk cabai hijau masih murah per kilonya sekitar Rp 50 ribu dan cabe keriting masih Rp 90 ribu.

Sementara itu bawang merah sejauh ini harganya masih normal, yani berkisar Rp 50 ribu, bombay Rp 30.000, tomat sekitar Rp 18-20 ribu per kilonya. Sementara untuk kentang masih Rp 25 ribu, jahe Rp 50 ribu kilo, wortel Rp 23 ribu.

Sedangkan buncis mengalami kenaikan kini harganya Rp 35 ribu sekilo sebelumnya Rp 20. Sementara jeruk nipis Rp 25 ribu, kol putih Rp 25 ribu dan harga sayuran pada umumnya masih normal.

“Saat ini ketersediaan kita masih mencukupi. Tapi, tidak tahu jelang Idul Fitri mendatang,”ujarnya.

Dirinya mengakui, mahalnya harga cabai dikarenakan hasil panen dari petani lokal sangat sedikit sementara jika didatangkan dari luar harganya akan mahal sekali.
“Kalau kami ambil barangnya dari luar, pastinya harganya akan lebih mahal lagi,”ujarnya.

Ditemui terpisah, Lela, pedagang di Pasar Sentral mengakui naiknya harga cabai memang sering terjadi jika hari-hari besar seperti puasa.

“Selain dikarenakan bulan ramadhan, harga cabai ini naik karena hasil panen yang sedikit sehingga kita pedagang menjualnya menjadi mahal,”kata Lela.

Menurutnya, beberapa hari lalu dirinya masih menjual dengan harga Rp120 ribu sampai Rp 130 ribu. Akan tetapi, sekarang ini Rp 150 ribu. Dan tidak menutup kemungkinan harga ini akan terus naik jika hasil panen petani lokal semakin sedikit.

“Karena cabai ini adalah kebutuhan sehingga otomatis masyarakat akan tetap membelinya. Dan semoga harga ini tidak melambung naik lagi kedepannya karena akan berdampak bagi kami pedagang dan tentunya masyarakat,”ujarnya.

Selain harga cabai yang mengalami kenaikan, harga daging sapi juga tak luput dari kenaikan.

Haji Putri elaku pemilik Yuri Chicken mengatakan harga daging sapi baru-baru ini mengalami kenaikan Rp 10 ribu. Dimana, awalnya, pihaknya menjual daging sapi Rp 110 ribu namun karena persediaan daging mulai menipis sehingga harganya mulai naik.

“Biasanya kita jual Rp 110 ribu sekarang bisa Rp 120 ribu. Hal ini karena, dari Surabaya naik Rp 15 ribu dan kita hanya naikan Rp 10 ribu. Sementara stok di Timika semuanya sudah kosong karena harganya yang sudah mahal,”ujarnya.

Diakuinya, saat ini pihaknya masih menjual dengan harga Rp 110 ribu dikarenakan masih memiliki persediaan daging yang lama. Akan tetapi, jika stok daging yang baru tiba harganya akan lebih mahal.

“Kelangkaan daging ini infonya juga sudah ada sejak awal bulan dan memang stok dari Surabaya juga sudah kosong. Dengan terjadinya kenaikan harga daging sapi, Timika juga mengalami dampak,” ujarnya.

Dijelaskannya, biasanya jika ada yang mau ambil partai atau banyak diatas 5 kilo harganya bisa turun sekitar Rp100 ribu namun karena situasi seperti ini sehingga pihaknya tidak bisa lagi menjual seperti biasa.

Sedangkan untuk harga ayam per ekornya masih tetap Rp 35 ribu. Ada pulayang dijual per kilonya dan untuk ukuran ayam yang lebih besar harganya Rp 50 ribu dan yang kecil Rp 30 per ekor.

“Di Yuri Chicken masih normal dan persediaan barangnga masih mencukupo. Jadi ini masih stok lama dan belum masuk yang baru. Semua barang kita datangkan dari Surabaya,”katanya.

Ia mengatakan, selama bulan puasa ini, ia memiliki promo dimana ada promo paket 3 ekor harganya sekitar Rp 100 ribu.

“Selain itu, H-3 jelang lebaran kita juga menyiapkan promo goodybag bagi masyarakat yang berbelanja di Yusri Chicken. Yang mana kita akan free jilbab, mukenah, tas dan lainnya. Hal ini telah kita lakukan setiap tahunnya dan masyarakat sangat antusias,” ungkapnya.

Penulis : Rina

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *