Loading

wait a moment

Hutang Dinas PUPR Capai Rp461 Miliar

Inosensius Yoga Pribadi. FOTO :YOSEF/TIMEX

TIMIKA,TimeX

Hingga saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mimika, masih memiliki hutang kepada pihak ketiga mencapai Rp 461 miliar lebih.

Baca juga : Seorang Wanita Ditemukan Gantung Diri di Ayunan Usai Tenggak Miras

Hutang ini berasal dari kegiatan sepanjang Tahun 2020 sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, yang menyebabkan anggaran mengalami refocusing.

“Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh bagi sebagian besar kegiatan PUPR Mimika sehingga tertunda karena di refocusing dan membuat sebagian kegiatan tidak dibayarkan hingga akhir tahun 2020,” ungkap Inosensius Yoga Pribadi Sekretaris dinas PUPR Mimika, di ruang kerjanya, Senin (12/4).

Ia mengungkapkan total keseluruhan hutang Dinas PUPR termasuk dengan pembangunan yang terkena refokusing sebesar Rp461 miliyar. Meskipun di tengah pandemi Covid-19 dengan kekurangan anggaran, namun pihak kontraktor selaku pihak ketiga tetap menyelesaikan pekerjaan hingga 100 persen.

Ia juga mengatakan pihaknya, telah menyerahkan rincian dan nilai hutang kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) kabupaten Mimika.

“Kita sudah memberikan rincian hutang tersebut kepada pihak BPKAD untuk membayarkan dan menentukan mana yang akan dibayarkan terlebih dahulu. Hutang secara keseluruhan di Kabupaten Mimika akan dibayarkan dalam dua tahap, yakni melalui Peraturan Bupati tentang Penjabaran APBD 2021 dan melalui APBD Perubahan 2021,” kata Inosensius.

Dikatakan untuk pembayaran hutang, akan diprioritaskan bagi kontraktor Papua, dan pekerjaan PON XX tahun 2021 terkait pembayaran. Ia menambahkan Kepala Dinas PUPR juga telah bertemu dengan pihak konsultan maupun kontraktor untuk tetap memaksimalkan pembangunan.

Penulis : Yosef

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *