Petugas Karantina Periksa Ribuan Anak Ayam Petelur

PERIKSA – Petugas saat memeriksa terhadap ribuan anak ayam, Selasa (16/3).Foto: Ist./TimeX

TIMIKA,TimeX

Petugas Karantina Hewan dan Tumbuhan Kabupaten Mimika memeriksa kondisi kesehatan serta dokumen terhadap 6.800 ekor anak ayam umur sehari atau day old chick (DOC) jenis layer atau biasa dikenal ayam petelur yang dilalulintaskan di Bandara Mozes Kilangin, Selasa (16/3).

Baca juga : 21 Mahasiswa STKIP Hermon KKN di Miktim

Cyntia, Pejabat Karantina menjelaskan, pemeriksaan yang dilakukan adalah pemeriksaan dokumen untuk menyesuaikan jumlah jenis media pembawa dan pemeriksaan fisik untuk mengetahui bahwa DOC yang berasal dari Surabaya tersebut sehat atau bebas dari Hama dan Penyakit Hewan Karantina (HPHK).

Ia mengatakan dari hasil pemeriksaan itu dokumennya lengkap serta kondisi fisik DOC sehat. Setelah semua dinyatakan sehat dan aman maka diterbitkan sertifikat pelepasan KH 14 oleh pejabat karantina.

Selain itu ribuan DOC juga pemeriksa terhadap tanaman hias seperti anggrek dan hoya yang memiliki bentuk bunga unik dan indah.

Agustiana, pemeriksa Karantina tumbuhan mengatakan menerima permohonan sertifikasi tanaman hoya yang rencananya dikirimkan ke Yogyakarta dan Jember.

Sertifikasi dilakukan terhadap 54 batang hoya dengan rincian 48 akan diterbangkan ke Yogyakarta dan 6 batang ke Jember.

Agustina menjelaskan, sebelum diterbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan (KT-12), dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu secara seksama untuk memastikan media pembawa tidak terinfeksi Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) sehingga aman untuk dilalulintaskan.

Penulis : Rina

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *