Diskominfo Terbitkan 320 Buku dan Keping CD Statistik Sektoral

MENUNJUKAN – Samuel Mote, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Diskominfo Kabupaten Mimika menunjukan keping CD statistik sektoral di ruang kerjanya, Selasa (16/3). FOTO : YOSEF/TIMEX.

TIMIKA,TimeX

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Mimika menerbitkan 320 eksemplar buku statistik sektoral dan 320 keping CD statistik sektoral di tahun 2020.

Baca juga : Empat Distrik Pegunungan Musrenbang di Kota

Samuel Mote, Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government, Diskominfo Kabupaten Mimika mengatakan penerbitan eksemplar buku statistik sektoral dan keping CD tersebut sudah dilakukan dua kali yaitu pada tahun 2019 dan 2020.

“Kalau anggaran untuk buku dan kepingan CD ini sekitar 200 juta. Banyaknya buku dan kepingan CD ini masing-masing 320, sehingga total jumlah keduanya sekitar 640. Sedangkan sebelumnya tahun 2019 sekitar 400 buku,” jelas Samuel saat diwawancara Timika eXpress di ruang kerjanya, Selasa (16/3).

Penerbitan buku statistik sektoral tersebut merupakan yang pertama di kawasan Indonesia Timur, dan Kabupaten Mimika pernah mendapat penghargaan terbaik pada saat rapat koordinasi lintas sektoral Provinsi Papua di Jayapura.

“Dan itu juga ada dukungan dari teman-teman BPS. Dan tahun ini saya tidak tahu lagi ada atau tidak karena sudah ada kabid baru,” ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa buku tersebut berisi tentang data-data pelayanan dari semua OPD di lingkup Pemkab Mimika, dan semua pelayanan yang dilakukan pemerintah kepada masyarakat memerlukan data, sehingga pemerintah merasa perlu merangkum semua laporan dan data dari setiap OPD dalam buku tersebut.

Ia juga menjelaskan sesuai Peraturan Presiden(Perpres) di dalamnya ada tiga data, meliputi data dasar yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tetapi dikelola oleh Kominfo, yang kedua data sektoral, ketiga data khusus.

Dari 320 eksemplar buku statistik sektoral dan 320 keping CD statistik sektoral, akan dibagikan kepada semua Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) dan instansi-instansi pemerintahan vertikal, lembaga-lembaga adat serta pihak akademisi.

Penulis : Yosef

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *