2.984 Pelajar SMA-SMK Ikuti US

KALUNGKAN: Johannes Rettob, Wabup Mimika saat mengalungkan tanda peserta menandai dibukanya US di SMK Tunas Bangsa, Senin (15/3). Foto: Echie/TimeX.

TIMIKA,TimeX

2.984 pelajar tingkat SMA/-SMK di Kabupaten Mimika, Senin (15/3) secara serentak mengikuti Ujian Sekolah.

Baca juga : Wabup Sebut Patung di Bundaran Petrosea Sesuai Budaya Amungme dan Kamoro

Pembukaan secara simbolis berlangsung di SMK Tunas Bangsa, oleh Johannnes Rettob, Wakil Bupati Mimika ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penabuhan Tifa didampingi Jhon Lemauk, Ketua MKKS wilayah Meepago B, Edy Seryono, Ketua MKPS didampingi Kepala-kepala sekolah SMA DAN SMK.

Dihadiri Michael Gomar, Sekretaris Daerah Mimika, Hendritte Tandiyono Asisten III Setda, Andi Ramli Staf ahli Bupati, Matheus Mano Ketua MKKS Kabupaten Mimika, dan Para kepala sekolah SMA dan SMK.

Dalam laporannya, Jhon Lemauk menyampaikan ujian akan berlangsung mulai 15 sampai 17 Maret dengan jumlah peserta 2.984 baik SMA dan SMK.

“Tingkat SMA,17 Sekolah dengan jumlah 1.356, SMK 23 Sekolah dengan jumlah 1.538 sehingga total 2.894. dengan metode pelaksanaan daring,luting dan tatap muka atau ujian sekolah berbasis kertas dengan pengawasan silang,” ungkap Jhon.

Sementara untuk jumlah kompetensi atau jurusan lanjutnya, sebanyak 31 kompetensi keahlian. Dimana penguji merupakan penguji eksetrnal atau institusi pasangan dan penguji internal atau gueu yang telah memeilki sertifikat kompetemnsi kejuruan.

Sedangkan untuk soal ujian dari Badan standar nasional Pendidikan (BSNP) Kemendikbud tahun 2021.

Johannnes Rettob Wakil Bupati Mimika dalam sambutannya menyampaikan proses belajar mengajar yang sebelumnya dilakukan dengan tatap muka di tahun terakhir dilakukan secara virtual demi menjaga keselamatan dan kesehatan semua orang di tengah pandemi Covid-19.

Meski begitu, hikmah yang diperoleh bagaimana proses belajar secara virtual ini bagaimana memfungsikan teklnologi untuk pembelajaran saat ini.

“Kita berada pada era digital, maka siswa siswi harus dilatih dalam memanfaatkan perkembangan teknologi, komunikasi dan informasi dalam kehidupan sehari-hari sehingga tidak ketinggalan dengan anak-anak muda dinegara lain,” ujar Wabup.

Iaberharap proses belajar secara virtual selama pandemic tidak mengurangi semangat dan percaya diri siswa dan siswi untuk mengikuti ujian sekolah.
“Marilah dengan penuh semangat,kita terus belajar dan mengukir prestasi,menjadi anak-anak yang membanggakan orangtuamguru dan bangsa Indonesia,Pesan Wabup Jhon.

Tidak hanya kepada siswa, Wabup juga berpesan kepada tenaga pendidik agar senantiasa semangat dalam memajukan dunia Pendidikan melalui inovasi baru pembelajaran kepada peserta didik sebagai abdi negara.

“Marilah kita senantiasa mengedepankan pelayanan kepada para peserta didik dan masyarakat,” pesannya.

Di SMK Tunas bangsa, Wabup juga melihat langsung proses ujian yang sedang berlangsung disekolah tersebut.

Penulis : Echie

Editor : Linda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *