Kampung Naena Muktipura Gunakan Sisa DD untuk PKT

Spread the love
Foto: Andri Syahrir/TimeX
TIMBUN – sebuah mobil sementara turunkan material timbunan dalam kegiatan padat karya tunai di jalan masuk Kampung Naena Muktipura SP 6 baru-baru ini.

Timika,TimeX

Pemerintah Kampung Naena Muktipura SP 6, Distrik Iwaka gunakan sisa Dana Desa (DD) senilai Rp35.632.600 untuk program Padat Karya Tunai (PKT).

Baca juga : Tuntut Saham, Warga FPHS Palang Jalan di Mile 21


“Ini penimbunan untuk di jalan utama, karena akses jalan masyarakat di SP 6 sudah bisa dibilang rusak parah. Kalau mau ke pasarkan pasti lewat di sini. Apalagi mayoritas di sini petani. Salah satu penghasil petani terbesar itukan kita di sini, untuk tani terbesarkan di Kabupaten Mimika di SP 6,” kata Musa I Wadibar, Kepala Kampung Naena Muktipura kepada Timika eXpress melalui sambungan teleponnya, Selasa (29/12).
Ia menjelaskan program padat karya tunai dengan melakukan penimbunan merupakan respons dari keluhan dari masyarakat mengenai kondisi jalan di SP 6.


“Kita kampung tidak bisa mengcover yang biayanya besar karena DD itu terbatas. Jadi sekarang ini sebisa kita saja gunakan dana yang ada. Oleh sebab itulah kita menimbun bukan hanya di jalan masuk melainkan sepanjang jalan SP 6. Kita lihat jalan yang kira-kira mana itu yang kita timbun dan semua sudah selesai kita lakukan,” tuturnya.


Ia menyebutkan dari besaran dana itu pengadaan material 30 reit pasir cor, logistik makanan, biaya tenaga kerja 10 sampai 15 warga.


“Ongkos kerja itu 150.000/hari sesuai ketentuan standar dari pemerintah. Jadi sisa dari itu kita fokuskan pada penimbunan jalan saja dengan mengutamakan pada jalan utama. Mungkin juga nanti kalau masih ada sisa material, kita mau tambal jalan berlubang, tetapi kita cor pakai semen, kan, ada aspal yang bolong-bolong di dalam SP,” ujarnya.

Penulis : Andri

Editor : Anton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *