Seorang Prajurit TNI Bersenjata Lengkap Hilang di Utikini

Seorang Prajurit TNI Bersenjata Lengkap Hilang di Utikini
Spread the love
Seorang Prajurit TNI  Bersenjata Lengkap  Hilang di Utikini
Foto : Ist/TimeX
HILANG – Anggota TNI yang dikabarkan hilang di Tembagapura sejak Selasa (17/11).

TIMIKA, TimeX
Seorang anggota TNI penugassan di Mimika bernama Hengky Sumarlin Zai berpangkat Prajurit Dua (Prada), dikabarkan hilang dan putus kontak sejak Selasa (17/11) lalu, dan belum diketahui keberadaannya hingga Senin (23/11).
Prada Hengky Sumarlin, anggota Yonif 756/WMS (Wimane Sili) yang bertugas sebagai pengintai depan ini dilaporkan hilang saat melakukan Patroli Wilayah (Patwil) di Kampung Utikini, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.
Yang bersangkutan diketahui mengenakan pakaian dinas lengkap dengan rompi dan helm serta membawa satu pucuk senjata SS2 V4 dengan nomor seri senjata 01-4296.
Upaya pencarian terhadap Prada Hengky masiih dilakukan, bahkan Letkol Inf. Yoga Cahya Prasetya, Dandim 1710 Mimika telah bersurat ke Basarnas Timika, untuk meminta bantuan mencari Prada Hengky yang sudah seminggu hilang.
Ini merupakan kejadian di luar nalar, meski dalam penugasan, para prajurit dihadapkan pada ganasnya kondisi alam di Timika-Papua.
Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya, Dandim 1710 Mimika saat dikonfrmasi Timika eXpress, Senin tadi malam membenarkan hal tersebut.
Ia menyebutkan, Prada Hengky yang tergabung dalam Satgas Pamrahwan (Pengamanan Daerah Rawan), hiingga kini masih dalam pencarian.
“Untuk mencari keberadaan anggota kami, kami telah meminta bantuan ke Polsek Tembagapura dan juga Kantor SAR Timika,” jelasnya.
Yoga menambahkan, masih banyak kendala seperti halnya akomodasi transportasi sehingga pencarian belum maksimal.
“Dia (Anggota-red), sebelum hilang tengah bersama anggota lainnya melakukan patroli menyusuri sungai. Dia berpakaian lengkap dan membawa satu pucuk senjata jenis SS2 V4,”katanya.
Kemudian, mereka melihat ke arah honai yang berada di pinggir Kali Kabur. Pada saat mendekat, ada satu orang yang mencurigakan tampak melarikan diri dan membuat tim melakukan pengejaran.
“Karena mengejar itu akhirnya mereka terpisah. Sedangkan Prada Hengky arahnya ke sungai bersama rekan-rekannya,”jelasnya
Akan tetapi, ketika hendak kembali, teman-temannya mulai menyadari bahwa Prada Hengki tidak ada.
“Dia ini asli dari Sumatera dan baru sebulan tugas di wilayah Tembagapura.
Adapun langkah yang telah kita lakukan untuk melaksanakan pencarian yaitu berkoordinasi dengan instansi TNI/Polri, para tokoh-tokoh adat, tokoh masyarakat Utikini dan juga Banti,” tambahnya.
Dirinya berharap, agar semua pihak bisa mendukung upaya pencarian untuk segera menemukan Prada Hengky.

Sementara itu, Eduardus Edison. Kapolsek Tembagapura mengatakan pihaknya baru menerima laporan adanya seorang prajurit TNI yang dinyatakan hilang itu pada Sabtu (21/11) lalu.
“Kami masih melakukan pencarian terhadap satu anggota TNI tersebut. Mohon doanya agar secepatnya ditemukan,”ujarnya singkat. (aro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *